Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, 08 Desember 2011

analisis film "EMPLOYEE OF THE MONTH


Analisis terhadap film Employee of the Month ini,
Film ini mengisahkan persaingan dua karyawan toko swalayan Super Club dalam meraih gelar "Pegawai Bulan Ini." Adalah Zack Bradley (Dane Cook) dan Vince Downey (Dax Shepard) yang sudah sepuluh tahun bekerja sebagai kasir.
Nasib Vince lebih bagus. Ia menjadi anak emas manajer swalayan, Jorge (Efren Ramirez). Bukan itu saja ia juga sudah 17 kali menerima penghargaan Employee of the Month.
Sang manajer berjanji, jika Vince berhasil menggondol penghargaan ke-18, akan menerima hadiah sebuah mobil. Di sisi lain sang manajer juga mengungkapkan akan muncul seorang kasir baru yang akan menjadi pesaing baru.
Dan, masuklah Amy Renfro (Jessica Simpson). Kasir aduhai ini segera membikin darah muda Zack menggelora. Zack meminta rekannya Russell (Harland Williams) mencari tahu siapa sebenarnya Amy.
Kabar yang beredar, Amy hanya mau mengencani karyawan peraih 'Pegawai Bulan Ini'. Dan Zack yang sudah kebimbang berambisi meraih predikat itu. Sekaligus menjegal Vince memperoleh gelar yang ke-18.
Malam hari Zack memasang alarm pukul 7.58 dan membuatnya tiba tepat waktu di toko keesokan harinya. Manajer toko memujinya, dan membikin Vince iri.
Tapi, justru Vince yang sukses merebut hati Amy. Predikat kasir berprestasi membikin Amy cepat kesengsem pada Vince. Keduanya janjian untuk kencan. Zack cemburu. Zack berusaha mengacaukan kencan mereka dengan mencuri dompet Vince.
Aksi saling balas dimulai. Malam hari Vince menyelinap ke kamar Zack guna mengubah jam alarm. Akibatnya Zack pun bangun kesiangan. Ia cuma punya waktu 12 menit hingga tiba di toko. Zack membalasnya dengan diam-diam menjual mobil Vince pada seorang pelanggan.
Persaingan keduanya memuncak pada sebuah kontes scanning barang untuk para kasir Super Club. Pemenangnya bakal menggaet predikat 'Pegawai Bulan Ini'.

film ini dapat di hubungkan dengan beberapa teori, ialah ;

Communication Direction
Komunikasi sebagai suatu proses sosial yang sangat mendasar dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan manusia. Dikatakan mendasar karena setiap manusia baik primitif maupun modern, berberkeinginan mempertahankan suatu persetujuan mengenai berbagai aturan sosial melalui komunikasi. Komunikasi organisasi terjadi dalam suatu jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Melibatkan komunikasi antar-pribadi dan komunikasi publik.
Komunikasi organisasi penting karena masalah komunikasi selalu timbul dalam proses organisasi. Oleh sebab itu, komunikasi dalam organisasi menjadi sistem aliran yang menghubungkan dan membangkitkan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan sinergi. Di film ini, Super Club juga melakukan komunikasi didalam organisasi yaitu yang dilakukan oleh atasannya kepada pegawainya dan begitu juga sebaliknya.

Fungsi Komunikasi dalam organisasi :
1.    Fungsi informatif
Seluruh anggota dalam organisasi mendapat informasi yang lebih banyak, lebih akurat, lebih baik dan tepat waktu. Seperti didalam film ini, sang atasan memberikan informasi kepada karyawannya mengenai kontes “employee of the month” dimana pemenangnya akan mendapat hadiah.
2.    Fungsi Regulatif
Dua hal yang berpengaruh adalah :
-     Atasan         :  orang yang memiliki kewenangan untuk memberikan instruksi
-       Pesan          :  semua anggota organisasi memerlukan kepastian perarturan tentang pekerjaan (do and don’t it)
Di film ini atasannya memberikan pesan kepada karyawannya tentang hal-hal yang berlaku dalam pekerjaan mereka seperti misalnya datang tepat waktu, membantu costumer, melayani transaksi dikasir dengan cepat dan sigap.
Menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan melakukan tugasnya dengan baik. Dua saluran komunikasi itu diantaranya :
-       Formal : newsletter, buletin, annual report, dsb.
-       Informal : perbincangan santai, kompetisi antar staf, staff, gathering, dsb.
Seperti yang terlihat didalam film ini, atasannya mengumpulkan karyawannya untuk memberikan informasi secara langsung dan mengadakan kompetisi antar staf, disini dapat terlihat komunikasi didalam organisasi itu sedang berlangsung.
3.    Fungsi Persuasif
Dimana kegiatan persuasif akan lebih menghasilkan sesuatu yang maksimal, tanpa paksaan. Dengan perfoma kerja yang baik maka otomatis kinerja organisasi akan meningkat dan terpelihara baik.
Seperti didalam film ini, memotivasi dan membujuk karyawannya dengan mengadakan kontes “Employee of the month” akan menimbulkan perfoma kerja yang baik diantara para karyawan untuk mendapatkan gelar itu. Maka kinerja organisasi pun memeningkat dan terpelihara dengan baik.
Komunikasi organisasi sebagai landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan sumber daya manusia dan komunikasi perusahaan, dan tugas-tugas lain yang berorientasi manusia dalam organisasi.  Seseorang terlihat komunikasi membentuk sesuatu yang umum terjadi.
1.    Penciptaan pesan    : menciptakan serta mempengaruhi orang dengan pesan yang berisi pesan maupun informasi
2.    Penafsiran pesan     : menguraikan atau memahami sesuatu dengan cara tertentu. Dapat dipengaruhi oleh rangsangan indra, bentuk bahasa, dan bentuk nonverbal.
Communication & Organizing
Teori organisasi merupakan studi tentang bagaimana banyak organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka. Teori organisasi membantu untuk melihat proses komunikasi  yang terjadi dalam organisasi. Setiap teori akan mempunyai pandangan yang berbeda terhadap komunkasi organisasi. Teori yang digunakan Super Club adalah Teori Manajemen IlMIAH yang memperhatikan pada :
1.    Pentingnya peranan manajemen dalam meningkatkan produktivitas
2.    Pengangkatan dan pemanfaatan tenaga kerja dengan persyaratan
3.    Tanggung jawab kesejahteraan pegawai atau karyawan
4.    Kondisi yang cukup untuk meningkatkan produktivitas kerja

Paradigma dan Arti Dari Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi terjadi dari “complex open system” yang dipengaruhi oleh lingkungan, baik internal (budaya/culture) dan eksternal. Komunikasi organisasi melibatkan pesan , kebutuhan, arah dan media.
-Pesan : apa yang ingin disampaikan oleh organisasi serta penyebaran yang dilakukan oleh organisasi tersebut.
-Arah Komunikasi : kepada siapa kita kan menyampaikan pesan, karena tujuan komunikasi akan mempengaruhi cara berkomunikasi.
-Media : cara apa dan fasilitas apa yang digunakan pada saat pesan akan disampaikan

Komunikasi organisasi melibatkan manusia dan prilaku mereka, perasaan, hubungan dan keterampilan. Cara berkomunikasi terpengaruh oleh prilaku anggota organisasi dan sangat bergantung pada ketrampilan komunikator yang menyampaikan pesan tersebut.
Komunikasi organisasi meliputi 7 elemen :
1.      Proses
Organisasi bersifat terbuka dan dinamis yang menciptakan pertukaran pesan antar anggota dengan lingkungannya.
2.      Pesan
Dalam organosasi komunikasi yang dimaksud dengan pesan adalah :
-          Language modality : verbal dan nonverbal
-          Intended receiver    : yang diterima didalam (memo, buletin dan meeting) atau diluar organisasi (iklan, aktifitas PR)

3.      Jaringan
Jaringan dalam komunikasi dapat terjadi pada beberapa orang maupun di seluruh organisasi. Tujuan dari penyebaran pesan dan prosesnya sangat mempengaruhi jaringan komunikasi.
4.      Ketergantungan
Dalam komunikasi satu bagian dan bagian lain selain berhubungan, dimana satu bagian dapat saling bergantungan dengan bagian lainnya.
5.      Hubungan
Tiga bagian dalam organisasi :
-     individual
-     grup
-     organisasional
Hubungan yang baik antar tiga elemen diatas menjadi landasan lancarnya komunikasi dalam sebuah organisasi.
6.      Lingkungan Environment
Dalam lingkungan ada hal-hal yang berperan :
-          Simbol (cara berkmunikasi antar usia, gender dan kepercayaan yang berbeda-beda)
-          Bahasa ( penggunaan tata bahasa yang baik)
-          Ideologi (prinsip kehidupan yang berlaku disekitar)

7.      Ketidakpastian
Perbedaan antara informasi yang dibutuhkan dengan informasi yang didapatkan. Dapat juga terjadi apabila organisasi menerima informasi terlalu banyak.

Communication Transaction
Komunikasi terjadi pada dua orang atau lebih yang mempunyai kedudukan yang sama dan secara simultan yang bergantian menjalankan bagiannya dan mempunyai peran yang berbeda, seperti yang terjadi pada zack dan vince di dalam film ini terjadi transaksi komunikasi

Aliran Informasi Dalam Organisasi
Hubungan yang terjadi di dalam film ini adalah hubungan posisional (hubungan atasan dan bawahan) karena hubungannya ditentukan struktur otoritas dan tugas fungsional anggota dan bersandar pada perbedaan otoritas, yang diterjemahkan menjadi perbedaan dalam status, hak dan pengawasan.
Di film ini, jenis aliran informasi yang dilakukan juga penyebaran pesan secara serentak  yaitu pesan yang diterima harus sampai di tempat yang berbeda pada saat yang sama.
Pola aliran komunikasi yang dilakukan Super Clubdalam film in adalah pola lingkaran yang  memungkinkan semua anggota berkomunikasi satu dengan yang lainnya hanya melalui sejenis sistem pengulangan pesan.
Arah informasi yang terjadi adalah komunikasi ke bawah yaitu informasi mengalir dari jabatan otoritas tinggi ke jabatan yang berotoritas lebuh rendah.
Seperti teori ini semua karyawan mempunyai kedudukan yang sama, bergantian menjalankan bagiannya, mempunyai peran yang berbeda dan berkomunikasi dengan peraturan yang ada. Dalam sebuah kondisi manusia akan memilih peran apa yang harus di jalankannya seperti zack yang memilih tetap menjadi anak bagian gudang kotak karena dia merasa lebih santai dan nyaman dengan pekerjaannya yang sekarang. Percerminan diri akan terlihat dari cara berpakaian, cara bicara, kewajiban dan status, seperti di film ini seragam anak gudang dan kasir itu berbeda, kasir terlihat lebih rapih dengan menggunakan rompi dari situ sudah bisa terlihat perbedaanya antara kasir dan bagian gudang. Interprentive, seperti di film ini space/ ruang lingkup , batasan dimana kita tidak dapat memasuki ruang lingkup seseorang (batasan ruang kerja,jabatan,biaya) film ini menceritakan ada sebuah ruangan yang dinamakan kasir lounge yang dimana hanya orang-orang yang memiliki akses berupa kartu wewenang masuk saja yang bisa masuk ke dalam,seperti kasir dan bagian-bagian tertentu saja yang boleh memasuki ruangan ini.
5 dimensi penting dalam iklim komunikasi, yaitu Supportiveness, Partisipasi, kepercayaan, keterbukaan dan tujuan kinerja kerja yang tinggi, dalam film ini Glen Gary sebagai manager Super club sebagai atasan yang selalu melakukan diskusi terhadap karyawannya baik itu diskusi tentang masalah maupun tentang keberhasilan perusahaan, selalu memotivasi mereka untuk maju dan memberikan penghargaan kepada mereka yang unggul dan melaksanakan acara-acara untuk merayakan kesuksesan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar