Pages

Subscribe:

Labels

Minggu, 15 Januari 2012

Hari Kusta Sedunia

Press Release Hari Kusta Sedunia
29 Januari 2012
TEMA : BERI MEREKA HARAPAN KARENA CACAT KUSTA
DAPAT DI CEGAH

Penyakit Kusta merupakan penyakit yang disebabkan kuman/bakteri yang bernama (mycobacterium Leprae), penyakit kusta ini menyerang saraf tepi seseorang yang akhirnya meyebabkan syaraf tepi orang tersebut menjadi mati rasa (tetapi jika berobat cepat hal ini dapat dicegah), penyakit kusta ini adalah penyakit menular yang penularannya tidak gampang, sebab menurut penelitian tidak semua  manusia di dunia yang bisa terinfeksi penyakit kusta.
Ciri-ciri umum PENYAKIT KUSTA adalah bercak putih kemerahan (seperti panu) yang mati rasa dan terkadang di tepinya   terdapat penebalan seperti kurap. untuk mematikan   kuman yang ada didalam badan membutuhkan waktu yang lama karena perkembangannya cukup lama sebab  perkembangan penyakit kusta bisa sampai 5 tahun, sampai saat ini obat penyakit kusta sudah  diberikan secara GRATIS bisa didapat di puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah.
Kebanyakan penderita penyakit kusta mengalami kecacatan disebabkan keterlambatan orang  tersebut untuk meminum obat atau meminum obat itu dengan tidak  sempurna atau pengobatannya tidak tuntas, jika penderita penyakit kusta meminum obat dengan cepat maka kecacatan akibat saraf tepi yang mati tadi dapat di cegah atau dihindari.

Penyakit kusta sampai saat ini masih merupakan momok atau hal yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat dan petugas kesehatan, hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan  tentang  penyakit kusta sehingga menimbulkan pengertian yang kurang tepat, kepercayaan yang keliru terhadap penyakit kusta dan kecacatan yang ditimbulkannya. Anggapan masyarakat yang salah tentang penyebab penyakit kusta  karena kutukan, guna – guna, dosa, pakaian ataupun keturunan serta akibat kecacatan yang ditimbulkannya menyebabkan stigma pada penderita maupun masyarakat. Pemahaman tentang penyakit kusta yang tidak dapat disembuhkan membuat stigma menjadi lebih parah, untuk itu dapat menimbulkan rasa takut akan tertular dan malu jika sakit kusta atau malu mempunyai keluarga yang sakit kusta sehingga berakibat pada pengucilan penderita kusta. Dampak dari semua ini adalah hilangnya kesempatan orang yang terkena kusta untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak dan berujung pada kemiskinan.
Mengingat kusta merupakan penyakit infeksi kronis maka perlu untuk mengtahui gejala awal kusta sebelum penyakit ini bisa menjadi cacat. Sebagaimana tema hari kusta sedunia “ BERI MEREKA HARAPAN KARENA CACAT KUSTA DAPAT DI CEGAH”.
Sebagian masyarakat tahu bahwa dirinya menderita kusta sudah pada tahap lanjut atau sudah cacat. Untuk mengetahui seperti apa gejala awal penyakit kusta dapat dilihat pada keterangan sebagai berikut :
1.       Lesi kulit yang hipopigmentasi (keputihan) atau eritomatous (kemerahan)yang anastesi (tidak berasa) atau hipoestesi (kurang berasa)
2.       Penebalan syaraf tepi yang disertai gangguan fungsi
3.       Pemeriksaan Skin Smear hasilnya positif.
Gejala yang paling mudah diketahui oleh masyarakat luas adalah gejala nomor 1 sehingga bila ada gejala di atas segeralah berobat ke Puskesmas terdekat dan obatnya GRATIS. Bila sebagian besar masyarakat sudah tahu gejala kusta maka “Bersama Kita Bisa Berantas Kusta”.

0 komentar:

Posting Komentar