Pages

Subscribe:

Labels

Minggu, 06 Januari 2013

EKSTERNAL PR


·    Apa kepentingan lembaga terhadap pers?
Tujuan utama press relations adalah untuk memperoleh pemuatan atau penyiaran secara maksimal tentang informasi PR yang disampaikan untuk meberikan pengetahuan dan menciptakan
pengertian publiknya.
Sehingga kepentingan lembaga terhadap pers adalah untuk publikasi seluas-luasnya. Setiap kegiatan PR sedapat mungkin menimbulkan publisitas.

·    Apa kepentingan pers terhadap lembaga?
Kepentingan utama pers terhadap lemabga adalah informasi (yang memiliki nilai berita)  untuk bahan berita.
Karena kehidupan pers sangat terganung pada pemasukan dari iklan maka selain informasi lembaga pers juga punya kepentingan agar lembaga mamasang iklan.
Disinilah sebenarnya terjadi simbiosis mutualisme anatar pers dan perusahaan

Bentuk-bentuk kegiatan press relations
·    Pembuatan, penyebaran press release (siaran berita) ; bisa dilakukan pra dan pasca kegiatan
·    Konferensi pers/Jumpa pers; bisa dilakukan pra dan pasca kegiatan, selain itu juga bisa dg press brefing
·    Kunjungan pers/press tour
·    Resepsi pers/ press gathering
·    Peliputan kegiatan
·    Wawancara pers
·    Special event

Prinsip umum untuk membina hubungan dengan pers;
·    By serving the nedia
·    By establishing a reputations for reliability
·    By supplying good copy
·    By cooperations in providing material
·    By providing verification facilities
·    By building personal relationship with the media

Distorsi hubungan PR dengan Prs
Pemahaman tentang PR yang belum sama
Minimalnya apresiasi terhadap tanggung jawab masing-masing
Kecenderungan PR mendekati PR hanya  kalau ada masalah
Kecenderungan  PR memanfaatkan pers sebagai lembaga penyiar berita.
Kecenderungan institusi tertentu mendekati pers dengan kekuasaan
Pers memanfaatkan PR untuk sumber berita dengan motivasi nonjurnalistik, tapi untuk kepentingan pribadi si wartwawan


Upaya untuk meningkatkan hub dengan pers:
Pertemuan berkala  antara PR dengan pers
Lobby berkala antar pimpinan perusahaan dengan pers/redaksi
Press tour yang memberikan kesempatan pada wartawan untuk mengenal lebih jauh ttg perusahaan
Akses yang mudah bagi pers terhadap eksekutif perushaan
Pendelegasian wewenang yang jelas terkait pejabat PR yang memberi informasi
Apresiasi pejabat PR pada mekanisme kerja pers
Pers harus menghormati prinsip of the record

Hal-hal penting yang perlu diketahu pelaku PR terkait dengan pers:
Jenis media: cetak atau elektronik
The editorial policy; kebijakan redaksional yang meliputi visi, misi, isi dan bentuk media yang terbitkan
Frequency of publication; periodesasi terbitan (harian, mingguan, dwi mingguan bulanan dst)
Circulations area atau shre dan rating untuk  media elektronik.
Profile audien; bagaimana karateristik audien dari media secara demografi, sosiografi maupun psikografi.
Cara distribusi; cara pnyebaran media/pesan ke audien.
Copy date/ deadline; batas waktu dan tanggal pemasokan berita ke  redaksi, termasuk isu berita yang akan datang.

Berita dan nilai berita
Apa itu berita?
Informasi yang belum diketahui oleh pihak penerimanya.
Apa saja nilai Jurnalistik itu?
Aktualitas,Proximity, Penting, Keluarbiasaan, Akibat yang ditimbulkan, Ketegangan, Konflik, Seks, Kemajuan, Emosi dna Humor

Nara sumber yang disukai wartawan
Memiliki kredibilitas
Orang nomor satu
Orang yang ahli
Pribadi yang jujur
Memiliki wewenang
Pakar dibidangnya
Tajam dan analitis
Cara bertutur yang runtut
Berwawasan luas
Punya banyak data dan informasi

Mitos wartawan
Wartawan bisa diundang kapan saja
Wartawan selalu memberitakan hal-hal yang negatif
Wartawan selalu komersial (dua jenis amplop; amplop suap dan transportasi)
Wartawan selalu urakan
Wartawan manusi pintar
Wartawan yang membutuhkan berita
Wartawan kebal hukum
Wartwan bisa menulis apa saja
Wartawan sosok yang menakutkan
Wartawan manusia sakti


Empat aspek manajemen pers
Departemen edoterial
Departemen iklan
Departemen Produksi
Departemen Sirkulasi
Dari kekempat departemen diatas yang paling relevan dengan PR adalah departemen editorial dan departemen iklan.

PRESS RELATIONS

Apa saja 6 langkang perencanaan PR itu?
Pengenalan situasi
Penetapan tujuan
Definisi/penetapan khlayak
Pemilihan media dan teknik PR
Perencanaan anggaran
Pengukuran hasil kegiatan PR

Kenapa kegiatan PR harus direncanakan?
Untuk memnetapkan target kegiatan PR sehingga hasilnya bisa diukur
Untuk memperhitungkan volume kerja dan biaya
Untuk menetapkan skala prioritas (jumlah program dan waktu)
Untuk menentukan kesiapan pelaksanaan

0 komentar:

Posting Komentar